"Pelaporan ini memberikan gambaran tentang pelaksanaan Gerakan Literasi di SMA Negeri 3 Salatiga pada bulan Agustus 2023. Analisis data menunjukkan variasi partisipasi siswa dan kelas-kelas yang aktif serta kurang aktif dalam kegiatan literasi. Rekomendasi diberikan untuk meningkatkan partisipasi siswa, membuat program literasi yang bervariasi, melibatkan siswa dalam perencanaan, dan menyediakan sumber daya yang memadai."
Kelas E X 2 dan E X 3 memiliki partisipasi tertinggi, sementara Kelas XII IPS4 dan XII IPS5 memiliki partisipasi terendah dalam literasi. Berdasarkan hasil analisis ini, rekomendasi yang diajukan adalah perlu adanya upaya untuk meningkatkan partisipasi literasi di kelas-kelas dengan partisipasi rendah dan nol. Sumber daya tambahan, seperti program literasi tambahan atau insentif bagi siswa, dapat dipertimbangkan. Selain itu, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk memahami hubungan antara partisipasi literasi dan kinerja akademik secara lebih mendalam.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa partisipasi literasi di sekolah pada bulan Agustus 2023 memiliki variasi yang signifikan antara kelas-kelas, dan perlu ada tindakan yang diambil untuk meningkatkannya di kelas-kelas dengan partisipasi rendah.
Partisipasi literasi di sekolah merupakan indikator penting dalam menilai efektivitas program literasi dan pendidikan. Data yang disajikan di bawah ini mencakup jumlah siswa yang berpartisipasi dalam program literasi di berbagai kelas pada bulan Agustus 2023. Analisis data ini akan membantu kita memahami tren partisipasi literasi di berbagai kelas, mengidentifikasi kelas dengan partisipasi tertinggi dan terendah, serta mengevaluasi korelasi antara partisipasi literasi dengan kinerja.
Laporan ini akan memberikan informasi tentang tingkat partisipasi siswa dalam kegiatan literasi di SMA Negeri 3 Salatiga. Selanjutnya, dalam laporan ini akan diberikan analisis lebih lanjut terkait hasil dan dampak dari gerakan literasi yang dilaksanakan pada bulan Agustus 2023. Informasi ini diharapkan dapat memberikan gambaran yang komprehensif mengenai upaya meningkatkan minat baca dan kemampuan literasi di sekolah ini
Siswa menunjukkan minat yang positif terhadap literasi. Mereka menyatakan bahwa literasi membuat mereka semakin tertarik untuk membaca. Hal ini menunjukkan bahwa literasi dapat berperan penting dalam mengembangkan minat membaca di kalangan siswa. Siswa memberikan beberapa masukan terkait soal literasi. Beberapa siswa menginginkan soal lebih mudah, sehingga mereka dapat menyelesaikannya dengan cepat. Hal ini mungkin mengindikasikan bahwa keseimbangan antara tingkat kesulitan soal dan waktu yang diberikan untuk mengerjakannya perlu dipertimbangkan dengan lebih baik.
Beberapa siswa mengungkapkan bahwa beberapa bacaan terlalu panjang atau kurang jelas. Ini adalah area yang perlu diperbaiki agar siswa dapat dengan mudah memahami materi literasi. Terdapat sejumlah siswa yang berpendapat bahwa literasi seharusnya lebih berfokus pada literasi bahasa dan bukan numerasi. Ini menunjukkan adanya preferensi terhadap jenis soal yang diberikan dalam literasi.
Siswa menyatakan bahwa ada situasi di mana soal dan bacaan tidak selalu saling terkait dengan baik. Hal ini dapat menyulitkan siswa dalam menjawab soal, sehingga perlu ditingkatkan kohesi antara bacaan dan soal. Siswa mengharapkan adanya perbaikan dalam perancangan soal dan pemilihan bacaan. Mereka ingin soal yang lebih menarik dan bacaan yang lebih mudah dimengerti.
Beberapa siswa mengusulkan penambahan waktu untuk mengerjakan literasi. Ini mungkin diperlukan jika bacaan cukup panjang atau soalnya menantang. Terdapat siswa yang mengharapkan adanya penjelasan atau pemahaman lebih lanjut setelah mengerjakan soal. Ini dapat membantu siswa memahami kesalahan mereka dan meningkatkan pemahaman mereka tentang materi literasi.
Siswa juga berharap agar literasi lebih menekankan minat membaca dan menghindari soal yang terlalu matematis atau fisik. Ini menunjukkan pentingnya menjaga fokus pada pengembangan minat membaca. Beberapa siswa menyebutkan masalah dengan infrastruktur dan sinyal untuk literasi daring. Hal ini harus diperhatikan untuk memastikan bahwa semua siswa dapat mengakses literasi dengan baik.
0 Komentar