Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Salatiga Mengikuti Latsar

Seluruh siswa baru atau siswa kelas X SMA Negeri 3 Salatiga mengikuti Latsar (Latihan Dasar) kepramukaan pada Kamis, 25 Juli 2024. Meski Latsar ini terpisah dengan MPLS yang sudah berlangsung selama tiga hari sebelumnya, sebenarnya masih satu rangkaian. Hanya saja ini khusus Pramuka dan menitikberatkan pada pengembangan karakter melalui kegiatan kepanduan. 

Latsar dibuka secara resmi oleh Kamabigus Drs. Suyitno, M.Pd. dalam upacara sederhana di lapangan upacara. Dalam amanatnya, Kamabigus mengucapkan selamat datang dan bergabung dengan Ambalan Kamajaya-Kamaratih Gudep 01.015 - 01.016 SMA Negeri 3 Salatiga. 

Dikatakannya, kegiatan Pramuka saat ini bukan lagi menjadi ekstrakurikuler wajib dan bersifat sukarela. Namun demikian, diharapkan kegiatan kepramukaan di Ambalan SMA 3 Salatiga tetap berjalan sesuai nilai-nilai yang terdapat dalam AD/ART gerakan Pramuka. 

Harapannya adalah dari kegiatan kepramukaan ini dapat memunculkan jiwa peserta didik yang mandiri, disiplin, bertanggung jawab, dan berkarakter. 

"Kami sangat berharap, kegiatan kepramukaan tetap diselenggarakan sesuai dengan AD/ART yang berpedoman pada hasil musyawarah Ambalan yang sudah diselenggarakan," katanya 

Lebih lanjut ditegaskannya bahwa kegiatan kepanduan dapat bermanfaat bagi peserta di masa depan.

"Adik-adik harus memahami, sebagai generasi penerus bangsa yang nanti pada 10 atau 20 tahun ke depan akan meneruskan kepemimpinan di Indonesia. Oleh karena itu, bekali diri kalian sebaik-baiknya, sebanyak-banyaknya sehingga Adik-adik siap menggantikan generasi sebelumnya," pungkasnya.

Usai mengikuti upacara pembukaan, seluruh peserta mengikuti rangkaian Latsar selama sehari di Aula Smantisa. Mereka didampingi seluruh Pembina dan Dewan Ambalan.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar