SMA Negeri 3 Salatiga Menjadi Tuan Rumah YSTC ke-5

Forum Guru Peneliti Indonesia (FGPI) Jawa Tengah menyelenggarakan Young Scientist Training Camp (YSTC) ke-5 di SMA Negeri 3 Salatiga pada 16-17 Juli 2024. Kegiatan tersebut bertujuan untuk membekali siswa SMP dan SMA sederajat dalam bidang penelitian ini. 

Kegiatan yang dipusatkan di Aula Smantisa itu dibuka oleh Pengawas SMA Dr. Budiharjo, M.Pd. mewakili Kepala Cabang Dinas Wilayah V.

Dalam sambutannya Budiharjo mengatakan, para peneliti muda tersebut dapat merasakan manfaatnya kelak di jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

“Pengalaman kami, banyak mahasiswa S-1 yang mengalami kesulitan dalam menyusun skripsi. Nah, kalian sudah memperoleh bekal dalam penyusunan penelitian sehingga kelak tidak akan banyak mengalami kesulitan,” katanya.

Bahkan, katanya, di strata S-2, dijumpainya ada beberapa mahasiswa yang gagal menyelesaikan tesisnya karena tidak mumpuni dalam melakukan penelitian.

Ketua penyelenggara yang juga Ketua FGPI Agus Nugroho, S.Pd. melaporkan bahwa kegiatan yang berlangsung selama dua hari itu diikuti sekitar 130 peserta dan pendamping dari 120 sekolah di Jawa Tengah. Meski bertajuk camp, katanya, tapi kegiatan tersebut menggunakan ruang kelas untuk kegiatan, bukan berkemah layaknya pramuka.

“Para peserta nanti akan dibagi menjadi empat kelas. Satu kelas guru, satu kelas OPSI, dan dua kelas LKT SMA dan SMP,” kata Agus Nugroho yang sehari-hari sebagai guru fisika SMA 3 Salatiga. 

Sementara Inti Artini Palupi mewakili Kepala SMA 3 Salatiga dalam sambutannya selaku tuan rumah mengatakan rasa terima kasihnya terhadap FGPI yang menyelenggarakan kegiatan di SMA 3. Dia pun berharap, dari kegiatan tersebut para peserta dapat berprestasi di bidang OPSI baik di tingkat nasional maupun internasional. 

Tampak hadir dalam pembukaan YSTC tersebut pimpinan dari seluruh SMA se-Kota Salatiga, Kadisdik Kota Salatiga, Dekan Matematika UKSW, dan sejumlah undangan lainnya.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar