Puncak Peringatan HUT RI ke -79 SMA Negeri 3 Salatiga

SMA Negeri 3 Salatiga melaksanakan upacara HUT RI ke-79 tahun 2024 pada Sabtu pagi (17/8). Ini merupakan puncak kegiatan setelah dua hari sebelumnya digelar berbagai lomba antarkelas. 
Upacara bendera ini diikuti seluruh siswa, guru, Tendik, dan mahasiswa praktikan UKSW dan UIN Salatiga. Guru dan Tendik mengenakan pakaian adat nusantara sedangkan siswa OSIS lengkap. 

Bertindak sebagai pembina upacara adalah Dr. Saptono Nugrohadi, M.Pd., M.Si. Sedangkan pengibar bendera Paskibra Pratita Wijaya yang dibina Dra. Siti Nur Handayani dan Munding Riyani, S.Pd Pembawa lagu kebangsaan dan lagu nasional adalah paduan suara binaan Retno Wulandari, S.Pd. dan Van Afian Nugroho, S.Pd.

Dalam amanatnya, Saptono Nugrohadi membacakan sambutan Mendikbudristek kemudian menyoroti poin-poin penting dalam sambutan yang dibacakan itu.

Pada peringatan HUT RI yang bertema  Nusantara Baru, Indonesia Maju ini, mengutip Mendikbudristek Nadiem Makarim, Saptono mengajak kepada seluruh peserta upacara untuk merenungkan perjalanan penting bangsa Indonesia yang telah merdeka selama 79 tahun.

Kemerdekaan yang telah diraih merupakan hasil perjuangan para pahlawan bangsa. Karena itu, pendidikan pun harus diperjuangkan bersama dan gotong royong. 

Kelahiran Kurikulum merdeka disebut sebagai perjuangan karena perjalanan kurikulum ini tidak mudah. Di akhir sambutannya, Mendikbudristek menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua siswa, guru, Tendik, dan pejuang merdeka belajar.

Menyoroti sambutan Mendikbudristek yang dibacakannya, Saptono mengatakan bahwa perjalanan kita masih jauh, masih panjang. Masing-masing punya peran dan bermanfaat antara siswa, guru, dan Tendik. 

"Yang penting adalah bermanfaat bagi sesama dan memberikan yang terbaik untuk kemajuan sesama," ujarnya setelah mengutip sabda Nabi.

Untuk itulah, lanjutnya, enam dimensi dalam profil pelajar Pancasila sangat penting untuk diterapkan.  Kegiatan gelar karya P-5 yang telah, sedang dan akan dilaksanakan di SMA 3 merupakan upaya untuk mewujudkan keenam dimensi tersebut. 

"Gerakan merdeka belajar harus kita perjuangkan," pungkasnya. 

Usai pelaksanaan upacara, Bidang Kesiswaan mengumumkan perolehan prestasi para siswa sejak bulan Juni hingga Agustus ini. Ada 22 item prestasi yang berhasil diraih oleh para siswa SMA 3 Salatiga. Prestasi itu meliputi bidang akademik dan non akademik. Baik yang berjenjang maupun tidak berjenjang. Baik prestasi tingkat kota, provinsi, maupun nasional. Baik yang diselenggarakan oleh pemerintah, maupun universitas, seperti UIN Salatiga, UGM, dan ITB. Medali yang diperoleh juga lengkap. Ada emas, perak, dan perunggu. Deretan tropi juga berhasil dipersembahkan oleh para siswa. 

Para peserta upacara tampak antusias mengikuti detik demi detik jalannya upacara yang berlangsung hampir satu setengah jam ini. Saat paduan suara memimpin lagu-lagu nasional perjuangan, para peserta turut menyanyikannya dengan semangat meski sinar matahari pagi sudah terasa cukup menyengat.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar