Drs. Supriyanto, M.Pd. Ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas Kepala Sekolah SMA Negeri 3 Salatiga Menggantikan Drs. Suyitno, M.Pd.

Sehari menjelang Kepala   Sekolah Drs. Suyitno, M.Pd. memasuki masa purnatugas, akhirnya SMA Negeri 3 Salatiga mendapatkan kepala sekolah penggantinya. Meski yang ditunjuk masih seorang Pelaksana Tugas atau Plt, paling tidak hal itu tetap melegakan warga sekolah. Ini karena sebagai lembaga pendidikan, SMA Negeri 3 Salatiga tetap harus memberikan pelayanan kepada masyarakat di bawah seorang pimpinan. 

Kelegaan warga sekolah itu ditandai setelah dilangsungkannya serah terima jabatan (Sertijab) antara Drs. Suyitno, M.Pd. dan Drs. Supriyanto, M.Pd. selaku Plt pada Senin siang, 30 September 2024 di Aula Smantisa. 

Bagi warga SMAN 3 Salatiga, Pak Pri, demikian Drs. Supriyanto, M.Pd. yang saat ini menjabat Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Boja biasa dipanggil, bukanlah sosok asing. Sebab, sebelum diangkat sebagai kepala sekolah di SMA Negeri 1 Limbangan Kendal pada 2017 kemudian dipercaya menakhodai SMAN 1 Boja, Pak Pri adalah guru bahasa Inggris SMAN 3 Salatiga. 

Hadir dalam sertijab ini Kacabdin V Agung Wijayanto, S.Pd., M.Pd. bersama jajarannya, Ketua Komite Drs. Muh Nasiruddin beserta anggota, MKKS SMA Kota Salatiga, 15 guru dan tendik SMAN 1 Boja, guru dan tendik SMAN 3 Salatiga, serta perwakilan OSIS dan MPK. 

Jalannya Sertijab

Sebelum sertijab dimulai, salah satu talenta berprestasi internasional SMA 3 Salatiga, yaitu Sherlyta membawakan suara emasnya. Setelah pembukaan dengan doa, dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars SMA 3 Salatiga yang dipimpin Munding Riyani, S.Pd.

Sambutan pertama diberikan kepada Drs. Suyitno, M.Pd. Dalam sambutannya, Pak Yitno, begitu biasa disapa memberikan apresiasinya terhadap guru dan Tendik SMA 3 lantaran telah bekerja dan mengabdi secara luar biasa. 

Pak Yitno juga menyampaikan bahwa sebagai pribadi yang ingin terus menjadi pribadi yang lebih baik, dirinya yakin bahwa perubahan waktu dapat menjadikannya sebagai pribadi yang lebih baik. 

Pak Yitno juga memohonkan pamit 

dan doa demi kesuksesan salah satu siswa SMA 3 yang akan berangkat ke Jepang untuk mengikuti lomba tingkat internasional di Jepang pada awal November nanti.

Kepada penggantinya, Pak Yit berharap supaya Pak Pri definitif akhirnya di SMA 3. 

"Saya mohon undur diri dari kedinasan, namun demikian saya berharap tetap terjalin hubungan kekeluargaan dengan Ibu/Bapak," katanya. 

Di penghujung sambutannya, Pak Yitno mengucapkan rasa terima kasihnya kepada 

MKKS SMA Kota Salatiga atas kebersamaan dan kerjasamanya selama ini (2012 - awal Agustus 2024). 

Sambutan selanjutnya, Drs. Supriyanto, M.Pd. mengungkapkan rasa senangnya bisa kembali ke SMA 3 setelah mengabdi selama 23 tahun (1994 - 2017) sebelum kemudian diangkat menjadi kepala sekolah. 

Pak Pri  berharap bantuan semua pihak selama menjalankan tugas demi memajukan SMA 3 Salatiga.

Kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara Sertijab antara Drs. Suyitno, M.Pd. dan Drs. Suyitno, M.Pd. dengan disaksikan Kacabdin, Pengawas SMA Maryanto dan Kasi SMA dan SLB Amelia Puspitasari. Sebelum ditandatangani, berita acara dibacakan oleh Waka Kurikulum Dr. Saptono Nugrohadi, M.Pd., M.Si. selaku ketua panitia Sertijab. 

Usai penandatanganan berita acara Sertijab dilanjutkan Sertijab antara ketua Dharma Wanita lama Ibu Harmi Suyitno kepada ketua Dharma Wanita yang baru Ibu Indah Supriyanto. 

Setelah sertijab dilanjutkan dengan sambutan Kacabdin Agung Wijayanto. Pak Agung, begitu biasa disapa, berharap Plt. Kepala SMA Negeri 3 Salatiga tidak lama beradaptasi karena sebelumnya pernah mengabdi di SMA 3.

Ditegaskannya, sekolah akan terus memberikan pelayanan terhadap masyarakat. Karena itu,  tidak boleh ada kekosongan jabatan di SMA 3. 

Pak Agung juga menyampaikan harapannya kepada dewan pendidik dan tendik SMA 3 untuk dapat menerima dan mendukung Plt. Drs. Supriyanto. 

"Saya juga titip kepada stakeholder untuk dapat meningkatkan prestasi SMA 3 yang dapat membanggakan Cabdin V," katanya. 

Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Ketua Komite Muh Nasiruddin dan Ketua OSIS Alfira Khairunnisa yang intinya memberikan apresiasi atas pengabdian Drs. Suyitno selama ini dan harapannya terhadap Plt. 

Kepala Sekolah Drs. Supriyanto, M.Pd.

Sebelum pemberian cenderamata kepada Pak Yitno dari Dharma Wanita dan Komite, acara ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Sugeng Riyanto, M.Pd.I. 

Acara yang berlangsung selama hampir 2,5 jam sejak pukul 13.15 itu diakhiri dengan ramah tamah.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar