Smantisa Cup, Smantisa Got Talent, dan Smantisa Anniversary Resmi Dimulai

Kegiatan Smantisa Cup, Smantisa Got Talent (SGT), dan Smantisa Anniversary yang dilaksanakan secara marathon dari 26 – 28 September resmi dimulai. Pembukaan kegiatan ditandai dengan pemukulan gong oleh Pengawas SMA Cabdin V Sularno mewakili Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah V pada Kamis pagi (26/9) di lapangan utama. Tampak hadir mendampingi Sularno, Kepala Dinas Pendidikan Kota Salatiga Nunuk Dartini, S.Pd., M.Si., Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Salatiga Drs. Muh Nasiruddin yang juga Komite SMA 3 Salatiga, Kepala Sekolah Drs. Suyitno, M.Pd. serta beberapa Pengurus KONI Kota Salatiga.

Membacakan sambutan tertulis Kacabdin V, Sularno menyatakan sangat mendukung kegiatan yang diselenggarakan oleh SMA Negeri 3 Salatiga.

“Kegiatan seperti ini, (Smantisa Cup, SGT, dan Smantisa Anniversary) bisa menjadi wadah untuk belajar sportivitas, kreativitas, dan kerja sama,” katanya. 

Dalam pandangan Cabdin V, kegiatan yang diselenggarakan oleh SMA Negeri 3 ini merupakan momen untuk melakukan refleksi bagi SMA 3 dalam perjalanan panjangnya selama ini.

Sementara Kepala Sekolah Drs. Suyitno, M.Pd. di hadapan para peserta Smantisa Cup dan Smantisa Got Talent yang berbaris rapi berharap even Smantisa Cup dan SGT membawa dampak yang baik dalam dunia Pendidikan di Kota Salatiga. 

Selanjutnya Drs. Suyitno berpesan kepada para peserta lomba untuk berlaku sportif, mengedepankan kejujuran dalam berlomba dan bertanding.

“Menjadi juara itu penting. Tapi jauh lebih bagaimana meraihnya dengan menjunjung tinggi kejujuran dan sportivitas,” tandasnya.

Usai pembukaan secara resmi, Sularno dengan didampingi Kadispora dan KONI Salatiga berkenan menyaksikan pertandingan pembukaan bola voli putra di lapangan utama yang mempertemukan team bola voli SMA Negeri 1 Tengaran dan SMA Negeri 8 Surakarta. Pertandingan pembuka ini akhirnya dimenangkan oleh SMAN 8 Surakarta setelah bermain ketat selama 3 set.

Sementara itu, di lapangan bawah (lapangan basket) juga dilangsungkan pertandingan bola voli. Sedangkan untuk bola voli putri pada hari pertama dilangsungkan di GOR Hatti Beriman.

Smantisa Cup ini diikuti 12 team putra dan 12 team putri. Team putra terdiri dari SMKN 2 Salatiga, SMAN 2 Ungaran, SMK NU Ma’arif Kudus, SMKN 3 Salatiga, SMAN 8 Surakarta, SMAN 4 Surakarta, SMAN 1 Tengaran, SMAN 2 Kebumen, SMAN 1 Tuntang, SMKN H Moenadi Ungaran, MAN 2 Boyolali, dan SMA Teuku Umar Semarang. 

Di team putri ada SMAN 1 Tengaran, SMAN 2 Kebumen, SMAN 1 Andong Boyolali, SMAN 1 Tuntang, SMAN 1 Ampel, MAN 2 Boyolali, SMAN 2 Salatiga, SMA Teuku Umar Semarang, SMAN 1 Salatiga, SMAN 2 Ungaran, SMA Kartika III-1 Banyubiru, dan SMKN H Moenadi Ungaran. 

Mereka akan bertanding untuk memperebutkan piala bergilir Walikota Salatiga dan piala tetap lainnya. 

Sementara di lapangan dilangsungkan pertandingan bola voli, untuk SGT yang ditujukan bagi bibit-bibit unggul SMP di bidangnya, dilangsungkan di beberapa tempat. Seperti e-sport di Aula Smantisa, solo vocal di Ruang Edutainment, seni tari di Ruang Terbuka samping Kantor Guru, dll. 

SGT sendiri dilaksanakan selama dua hari. Pada hari kedua (27/9) dilangsungkan olimpiade matematika di Aula, lomba dance di Ruang Terbuka samping Kantor Guru, lomba p[oster manual di Lab Kima dan Lab Biologi, film pendek di Ruang Komputer. Sedangkan final e-sport dilangsungkan di Ruang Edutaintmen. 

Piala dan hadiah untuk para juara dan pemenang akan diberikan pada puncak acara Smantisa Anniversary pada Sabtu siang, 28 September. Sebagai informasi, Smantisa Anniversary merupakan gebyar seni sebagai ajang unjuk kebolehan dari ekstrakurikuler SMA Negeri 3 Salatiga. Acara ini dimeriahkan grup band dari SMA-SMA di Kota Salatiga dan bintang tamu grup band Oh My Drop dari Solo. 

Smantisa Anniversary merupakan puncak acara HUT SMAN 3 Salatiga yang jatuh pada 15 Juli. Puncak perayaan baru dilaksanakan bulan September mengingat pada Juli, siswa libur tahun ajaran baru.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar