P5 Tema Suara Demokrasi : Bahas Pemilihan Ketua OSIS di SMA Negeri 3 Salatiga

Salatiga, 7 Oktober 2024 — SMA Negeri 3 Salatiga menggelar Rapat Koordinasi terkait Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema Suara Demokrasi di Ruang Edutainment, Senin (7/10). Rapat ini bertujuan untuk membahas gelar karya yang akan diimplementasikan dalam bentuk pemilihan Ketua OSIS, sekaligus menguatkan semangat demokrasi di kalangan siswa.

Acara yang dimulai pukul 11.30 WIB ini dihadiri oleh Koordinator P5, Bapak/Ibu Kesiswaan, lima perwakilan dari MPK, dan lima pengurus OSIS SMA Negeri 3 Salatiga. Materi utama rakor disampaikan oleh Agung Fitriyantoro, S.Pd, yang menekankan pentingnya partisipasi siswa dalam praktik demokrasi nyata melalui pemilihan Ketua OSIS.

"Pemilihan Ketua OSIS bukan hanya sekadar formalitas, tapi menjadi wadah belajar bagi siswa untuk mengenal pentingnya nilai-nilai demokrasi, kebebasan berpendapat, dan partisipasi aktif dalam organisasi," ujar Agung Fitriyantoro dalam sambutannya.

Selain itu, Amelia Handayani Widiasih, S.Pd, M.Si, sebagai koordinator pengerahan pengurus OSIS dan MPK, juga menekankan pentingnya keterlibatan semua pihak untuk memastikan proses pemilihan berjalan lancar. Inti Artini Palupi, S.Pd., M.Si, yang bertanggung jawab atas sarana dan prasarana, memastikan bahwa seluruh kebutuhan teknis acara sudah disiapkan dengan matang.

Rapat yang dipandu oleh Hamdan Nurcholis, S.Pd, ini diharapkan dapat menghasilkan kesepakatan terkait timeline pemilihan, tata cara kampanye, dan mekanisme pemungutan suara yang sesuai dengan semangat demokrasi yang diusung P5.

Acara ini menandai komitmen SMA Negeri 3 Salatiga dalam mewujudkan lingkungan belajar yang tidak hanya akademik, tapi juga membekali siswa dengan keterampilan hidup yang relevan, seperti memahami proses demokrasi dan tanggung jawab sosial.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar