SMA Negeri 3 Salatiga Gelar Seminar P5 Tema Kewirausahaan untuk Siswa Kelas X

Salatiga, 16 Oktober 2024 — SMA Negeri 3 Salatiga menyelenggarakan Seminar Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema "Membangun Jiwa Demokratis dalam Kepemimpinan dan Kewirausahaan" untuk siswa kelas X. Seminar ini menghadirkan Ilham Wibisono, S.E., seorang pelaku bisnis sukses dan alumni SMA Negeri 3 Salatiga, yang kini dikenal dengan usahanya di bidang kuliner, Taichan Goreng Mas Moy.

Dalam seminar tersebut, Ilham berbagi pengalaman tentang bagaimana nilai-nilai demokrasi dapat membentuk karakter kepemimpinan yang inklusif serta berperan penting dalam dunia kewirausahaan. Ilham juga menjelaskan bahwa keputusan bisnis yang adil dan transparan sangat bergantung pada kerja sama tim yang solid dan komunikasi yang terbuka, dua hal yang juga menjadi inti dari prinsip demokrasi.

"Saya percaya bahwa menjadi pemimpin yang baik dalam bisnis tidak hanya soal kemampuan mengelola usaha, tapi juga soal bagaimana kita bisa membangun kepercayaan dan kerja sama yang sehat dalam tim," ujar Ilham dalam paparannya.,” kata Ilham.

Seminar ini bertujuan untuk membekali siswa dengan pemahaman tentang pentingnya demokrasi dalam memimpin dan menjalankan bisnis. Harapannya, para siswa tidak hanya menjadi pengusaha, tetapi juga pemimpin yang inklusif, adil, dan transparan dalam segala proses pengambilan keputusan.

"Belajar wirausaha mendorong siswa untuk berpikir kreatif dan inovatif dalam menemukan solusi atau menciptakan produk yang bermanfaat. Hal ini penting untuk menghadapi persaingan di dunia nyata yang terus berkembang", terang Dr. Saptono Nugrohadi, M.Pd., M.Si.

Kegiatan ini didanai oleh Sumber Dana BOS Reguler SMA Negeri 3 Salatiga, sebagai bagian dari komitmen sekolah untuk membekali siswa dengan keterampilan yang relevan dengan dunia kerja dan kepemimpinan.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar