SMA Negeri 3 Salatiga Memperingati Hari Kesaktian Pancasila Bersama Kepala Sekolah Baru

Ada yang istimewa pada peringatan Hari Kesaktian Pancasila di SMA Negeri 3 Salatiga kali ini. Pembina upacara adalah Kepala Sekolah yang baru, yaitu Drs. Supriyanto, M.Pd. meski  statusnya sebagai pelaksana tugas (Plt). Padahal, sehari sebelumnya Pak Pri, begitu Drs. Supriyanto akrab disapa, baru saja menerima amanat sebagai Plt karena Kepala Sekolah sebelumnya, Drs. Suyitno, M.Pd. memasuki masa pensiun per 1 Oktober. Prosesi Sertijab dilaksanakan pada Senin siang, 30 September di Aula Smantisa. 

Dalam upacara Hari Kesaktian Pancasila yang juga diikuti mahasiswa praktikan dari UKSW dan UIN ini, setelah membacakan ikrar Kesaktian Pancasila yang ditandatangani Ketua DPR Pian Maharani, Pak Pri memberikan sambutannya secara lisan.

Memulai sambutannya, Pak Pri memperkenalkan diri kepada siswa. 

"Saya di sini mendapatkan tugas untuk menjadi kepala sekolah. Tapi, dalam hal ini saya Plt, pelaksana tugas," katanya memulai sambutan.

Dikatakannya bahwa tujuh tahun yang lalu Pak Pri merupakan warga SMA 3 Salatiga. Karena itu diakuinya bahwa Pak Pri mengenal SMA 3 Salatiga dengan baik. 

"Saya tahu persis, SMA Negeri 3 Salatiga adalah sekolah yang luar biasa. Banyak prestasi yang ditorehkan oleh SMA 3 Salatiga," sambungnya. 

Karena itu, Pak Pri berpesan supaya warga sekolah mempertahankan prestasi yang sudah diraih dan berusaha meningkatkannya. 

Pak Pri juga mengajak para siswa untuk bersama-sama menjaga lingkungan sekolah. Berharap tidak ada tindak kekerasan, bullying, juga pelecehan seksual di SMA 3 Salatiga. 

Di akhir sambutannya, Pak Pri menekankan agar para siswa menggunakan waktu untuk belajar. 

"Siapkan diri Anda untuk menghadapi masa depan. Saya yakin kalian bisa," tegasnya. 

Sementara kepada guru dan tendik, Pak Pri berpesan agar guru dan tendik dapat mempertahankan apa yang sudah diraih selama kepemimpinan Drs. Suyitno. Jika masih terdapat kekurangan, Pak Pri mengajak guru dan tendik bergandengan tangan membenahinya bersama. 

Harapan Plt terhadap Guru dan Tendik

Setelah upacara di lapangan utama, Drs. Supriyanto, M.Pd. memberikan pengarahan kepada guru dan tendik di Ruang Guru. Dalam pengarahannya, Pak Pri menegaskan kembali harapannya kepada guru dan tendik untuk bersama-sama memajukan SMA Negeri 3 Salatiga. 

"Sebagai Plt, saya berharap agar kita bisa melanjutkan apa yang sudah dirintis oleh pemimpin SMA 3 Salatiga sebelumnya. Walaupun ada perbedaan, yang terpenting adalah kebersamaan. Itulah kekuatan kita. Sekecil apapun sumbangsih Bapak/Ibu, itu akan sangat bermanfaat. Sebaliknya, sekecil apapun kesalahan yang kita buat, akan berdampak besar," paparnya. 

Pak Pri menegaskan bahwa yang terpenting tugas Bapak/Ibu guru adalah bersama peserta didik, melaksanakan pembelajaran. 

Namun demikian, bagi guru yang memiliki tugas dan tanggung jawab lain selain mengajar,  Pak Pri berharap agar guru tersebut dapat melaksanakannya dengan sebaik baiknya.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar