SALATIGA - P5 adalah singkatan dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Projek ini merupakan bagian dari penerapan Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 3 Salatiga. Dr. Saptono Nugrohadi, M.Pd., M.Si., penanggung jawab implementasi P5 SMA Negeri 3 Salatiga menjelaskan bahwa P5 diawali dengan memahami P5, kemudian menyiapkan ekosistem sekolah, mendesain projek P5, mengelola P5, mendokumentasikan serta melaporkan hasil P5, dan yang terakhir adalah evaluasi dan tindak lanjut P5.
P5 adalah projek yang akan menemukan jawaban atas pertanyaan mengenai peserta didik dengan kompetensi seperti apa yang ingin dihasilkan oleh sistem pendidikan Indonesia. Projek tersebut dilakukan dengan menanamkan karakter pada pribadi peserta didik berdasarkan nilai-nilai pancasila.
"sasaran kompetensi P5 mempertimbang faktor internal atau faktor eksternal. Sebagai contoh faktor internal yang dipertimbangkan adalah ideologi, sementara contoh dari faktor eksternal adalah tantangan di era digital," jelas Saptono
Melalui P5 SMA Negeri 3 Salatiga berupaya menjadikan peserta didik sebagai penerus bangsa yang unggul dan produktif dan dapat berpartisipasi dalam pembangunan global yang berkesinambungan.
"Jika visi Pendidikan Indonesia adalah mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya pelajar Pancasila, maka Profil Pelajar Pancasila mendukung visi tersebut dengan menjadikan Pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila," kata Saptono.
Dr. Saptono Nugrohadi, M.Pd., M.Si menjelaskan bahwa dalam melaksanakan P5 harus berpegang pada prinsip eksploratif, student centre, kontekstual serta holistik. Prinsip eksploratif adalah prinsip yang berkaitan dengan semangat untuk membuka ruang bagi proses pengembangan diri dan inkuiri, baik terstruktur ataupun bebas. P5 memiliki area eksplorasi yang luas dari segi jangkauan materi peserta didik, alokasi waktu, dan penyesuaian dengan tujuan pembelajaran. Prinsip eksploratif juga berupaya mendorong peran P5 untuk menggenapkan dan menguatkan kemampuan yang didapatkan peserta didik dalam peserta didikan intrakurikuler.
Prinsip selanjutnya adalah prinsip yang menjadikan peserta didik sebagai subjek pembelajaran yang aktif. Dengan prinsip ini, diharapkan pendidik dapat mengurangi peran sebagai aktor utama dalam kegiatan belajar mengajar. P5 menjadikan pendidik sebagai fasilitator pembelajaran yang memberikan banyak kesempatan bagi peserta didik untuk bereksplorasi dari dorongan diri sendiri sesuai kondisi dan kemampuannya.
Kontekstual adalah prinsip yang berkaitan dengan upaya mendasarkan kegiatan pembelajaran pada pengalaman nyata dalam kehidupan sehari-hari. Prinsip ini memotivasi pendidik dan peserta didik agar dapat menjadikan lingkungan dan realitas kehidupan sebagai bahan utama pembelajaran. Satuan pendidikan berperan sebagai penyelenggara kegiatan projek profil harus membuka ruang dan kesempatan bagi peserta didik untuk dapat bereksplorasi di luar lingkup satuan pendidikan.
Holistik adalah prinsip yang memandang segala sesuatu secara keseluruhan atau terpisah-pisah. Kerangka berpikir holistik yang ditanamkan dalam P5 akan mendorong peserta didik untuk mempelajari tema dan materi secara keseluruhan dan memahami persoalan secara mendalam. Karenanya, setiap tema dalam P5 cenderung menjadi wadah dari berbagai perspektif dan konten pengetahuan secara terpadu. Prinsip holistik juga memotivasi peserta didik agar dapat melihat koneksi yang bermakna antar komponen dalam pelaksanaan P5, seperti peserta didik, pendidik, dan sebagainya.
P5 memberikan ruang bagi seluruh anggota satuan pendidikan untuk dapat mempraktikkan profil pelajar Pancasila. P5 memiliki manfaat yang berbeda-beda bagi setiap pihak. P5 menjadikan sekolah sebagai sebuah ekosistem yang terbuka untuk partisipasi dan keterlibatan masyarakat.
"Menjadikan satuan pendidikan sebagai organisasi pembelajaran yang berkontribusi kepada lingkungan dan komunitas di sekitarnya. P5 memberi ruang dan waktu untuk peserta didik mengembangkan kompetensi dan memperkuat karakter dan profil pelajar Pancasila. Merencanakan proses pembelajaran projek profil dengan tujuan akhir yang jelas. Mengembangkan kompetensi sebagai pendidik yang terbuka untuk berkolaborasi dengan pendidik dari mata pelajaran lain untuk memperkaya hasil pembelajaran," kata Dr. Saptono.
Manfaat yang dirasakan siswa adalah P5 memberi ruang dan waktu untuk peserta didik mengembangkan kompetensi dan memperkuat karakter dan profil pelajar Pancasila. Terutama karena P5 SMA Negeri 3 Salatiga merencanakan proses pembelajaran projek profil dengan tujuan akhir yang jelas. Selain itu P5 mengembangkan kompetensi sebagai pendidik yang terbuka untuk berkolaborasi dengan pendidik dari mata pelajaran lain untuk memperkaya hasil pembelajaran. Berikut ini tanggapan siswa selengkapnya
Diadakan lagi tapi dengan tema yang berbedalebih baik lagi dan lebih kompak lagiMasukkan dari saya adalah pembuatan seni visual mural ini sangat kreatif dan juga mempertambah sifat keakrab pan sesama teman sekelasSudah sesuai dengan temaSangat bagusTidak adaLebihhhh semangatMantapPemasukannya saya kegiatan ini sangat menarikKegiatan ini sangat menarikSangat menyenangkan dan bermanfaatKetersediaan barangyaKeter sediaan barangsebaiknya gambar lebih kebudaya tdk yang biasaSangat bagus, karena bisa belajar untuk bergotong royong dan membuat siswa menjadi kreatifSangat menarik, karena membuat kita menjadi kreatif.Objek menggambarnya lebih banyak,serta motif gambar yang lebih menarik.gadaga adaDiharapkan kedepannya kegiatannya lebih menarik dan variatif.Jadwal pembuatan muralnya dibuat lebih tertataJadwal pembuatan mural lebih tertataJadwal mengecat mural dipersiapkan dengan lebih tertataSemoga lebih kreatifBelum adaMasukkan saya adalah agar pembuatan seni mural ini lebih diintensifkan dengan perancangan kegiatan yang baik,mulai dari pembuatan jadwal yang relevan dan lebih tertata dan persiapan alat bahan yang baik.selain itu di sma n 3 salatiga ini masih banyak tembok - tembok yang perlu dibuat seni mural agar menambah kesan yang indah pada tembok di smantisa.yang saya sayangkan dalam pembuatan mural ini adalah pelaksanaan pagelaran seni mural yang belum matang ,karena banyak tembok tembok seni mural yang belum jadi dan belum melalui finising atau proses akhir sehingga seni mural kurang maksimal,salah satu penyebabnya adalah kurangnya waktu intensif dalam pelaksanaannya.Kedepannya lebih tertata, agar tidak ada murid yang menganggur dan semuanya bekerjakuasnya banyakin lagi pak maaf🙏🙏 dan warnanya kurang bervariasiKalo bisa satu sekolah digambar in biar keliatan segerpenjelasan tentang tugas² yang lebih jelas dan mudah dimengerti-Sebaiknya sediakan kuas yang kecil untuk mewarnai yang di tepi.Sangat menyenangkansblm di lukis tmbok ny diamplas terlebih dahuluMungkin gambar nya bisa lebih menariksebaiknya sebelum dilukis tembok nya di amplas terlebih dahuluBagus dan menyenangkanWarnanya kurang banyakSaya berharap untuk gambar gambar mural nya berbeda beda tema setiap kelas agar terlihat beragam, terimakasihKembangkan area untuk pengaplikasian moralnya dan ketersediaan sarana juga dilengkapilebih baik bunga2 yang besar dihilangkan, diganti dengan bunga2 yang lebih kecilJangan terlalu banyak lukisan bunga yang besar-besar, lebih baik jika lukisan pemandangan alam, seperti gunung, sungai, hutan.Tambahin kuasPersiapan lebih dimantapkan, misalnya kapur sudah disiapkan, kuas diperbanyak. Selain itu juga untuk sketsa, mungkin lebih bervariasi temanyaa, tidak selalu tentang alam.bagusBagusKuas kecilnya ditambah agar ketika melukis pada bagian yang sempit tidak kesulitan karena menggunakan kuas yg besarSebaiknya sebelum di lukis, temboknya di amplas/di bersihkan terlebih dahulu, karena tembok yang ingin di cat sudah kotor dan pecah-pecah.memperbanyak tempat untuk muralGambarnya di perbanyak lagiPelaksanaan pembuatan seni mural ini sudah bagus, dapat bermanfaat untuk memperindah dinding di SMANTISA serta maksud dari sketsa flora dan fauna pada mural dapat mengingatkan kita untuk senantiasa menjaga lingkungan sekitar dari sampah.Gambar lebih berinovasiSebelum mengecat, seharusnya pata murid diajarkan cara mengecat yang benartolong diajarkan untuk menggambar dan menggradasidiajakkan melukis terlebih dahulu dan menggradasi sertadiajarkan melukis terlebih dahulu dan meng gradasidiajarkan cara melukis terlebih dahuludiajarkan melukis terlebih dahuluMemberi pengajaran tentang cara melukisTidak adatolong diajarkan untuk menggambar dan menggradasiMasukan saya adalah disediakan koran di bawah dinding yang akan dilukis, supaya cat tidak berceceran di lantai.Sudah baik dalam melaksanakan kegiatan mural ini, 1 kelas sudah kompakKerenlebih baik kalo lebiih sering dilakukanSemangat terus untuk membangun masa depanBaikMenarikAgar memiliki pedoman dan penuntun hidupKerenSangat membantu kerjasama antar teman kelastidak adaSudah baik dalam melaksanakan kegiatan mural ini, 1 kelas sudah kompakMenurut saya, pelaksanaan sudah bagus. Mungkin penyediaan alat dan bahan yang kurang.Tidak adaKerenlebih di terapkan lagiKerenGambarannya lebih bervariasi lagi dan menarikTidak ada masukanlebih menambah kan variasi dan tema dalam lukisanGambarannya lebih bervariasi lagi.tidak ada masukanAlat untuk mengecat dioerbanyak, agar semua murid dapat ikut mengecat tembokbagus, karena dpt mrlatih gotong royong antar temanLebih banyak tema lukisanmemberikan jadwal yang lebih pastiSemoga yang lain bisa lebih bekerjasamatidak adaGambar bervariasigambarnya bervariasiSebaiknya perlengkapan untuk mengecat diperbanyak agar semua siswa dapat ambil bagian untuk mengecat muralgambar bervariasitempat yang lebih dekat dengan kelaslebih menambahkan variasi dan tema dalam lukisankeren dan bagusKita harus menyiapkan alat dan bahanSering melakukan lagisangat kreatif karna dengan mural tembok yang kusam menjadi indahBaikMengadakan basarLebih seru lagikerensudah sangat bagussTidak adaSangat Bagus,Indah, Bersih, dan MenarikBagus dan menyenangkanBaikLebih menyenangkan lagi dengan membuat hiburan dan gambaran lebih modern sehingga memiliki daya tarik tinggiLebih di tingkat kan lagiMasukan dari saya yaitu agar memilih objek melukis yang lebih memilih nilai seni atau daya tarik lebih tinggi.Menyenangkanmungkin motif yg di gunakan bisa di ganti dengan tema keragaman budaya indonesia seperti gambar orang yang memakai berbagai baju adat dari indonesia atau mungkin gambar pulau pulau yang ada di indonesia, atau bisa juga keragaman hayati yg dimiliki dan berasal dari indonesia.Menambah orang untuk mengajari melukisLebih baik ke dpn nyaSangat bermanfaatsemoga kedepannya gambar nya lebih modern lagibaikSebaiknya diperbagus lagi dan yang sekarang bagusLebih di perbanyak jam kosong nya:)Menyenangkantidak adamungkin gambar bisa diganti dengan gambar keragaman indonesia.gambar lebih banyak macamnyaMenambah alat untuk mengecatMenyenangkantidak adaLebih bermanfaatGambarnya tidak hanya flora faunaproject ini menyenangkan dan dapat menambah pengalaman peserta didikUntuk siswa diharapkan bisa berpartisipasi semua jangan hanya sebagian.Mantap 👍🏻kegiatan ini sangat bermanfaat karena dapat mempererat tali pertemanan antarkelompokKedepannya semoga ada lagi dan lebih seruKedepannya semoga ada lagi dan lebih seruMungkin ke depannya bisa ditambah ornamen-ornamen lainnya agar lebih berwarna dan bevariatif, semoga di lain waktu kegiatan ini bisa dilaksanakan kembali.Tidak ada, saya rasa ini sudah cukup menyenangkan untuk pengalaman membuat sebuah seni_--_-___-_-_-_-_-Lain kali jangan sampai menghalangi tugas/pekerjaan mapel lain, lebih memperhatikan perilaku murid, dan mungkin lebih baik kegiatan yg lebih bermanfaat.-_-_-_-_-_-_-_-_-_-_-_-_-Dapat meningkatkan kerja sama bersama teman temanDengan adanya P5 ini kita bisa meningkatkan kerja sama,gotong royong.melukis mural seruuuDi lukis gambar gambar yang lebih unik unik lagiBagusMelatih kreatifitastidak adasemoga kedepanya untuk P5 lebih baik lagiSemoga ke depan nya P5 lebih baiksemoga untuk P5 berikutnya lebihMembuat mural sebagai P5 bisa menambah kreativitas oleh karena itu membuat mural sangat bermanfaat.sangatt seruuSemoga kedepannya P5 lebih baik lagiSemoga kedepannya P5 lebih baik lagiMengadakan basarPelatihan seperti ini harus sering diadakanMenurut saya jika hendak melukis mural siswa membawa baju bebas dari rumah agar jika tercoret warna tidak apa apa.semoga kedepannya ph lebih bermanfaat lagiSudah bagusdirencanakan dengan rapi terutama di perhitungan waktu dan pengerjaan saat jam pelajaranTambahkan warna dan gambar yang menarik.sudah bagus, kedepannya mungkin dapat diterapkan lagi karena dengan adanya seni mural ini lingkungan sekolah terlihat lebih beragam dan indahBagusGada masukanSudah bagus tingkatkan lagiPelatihan seperti ini harus sering diadakanTempatnyatema untuk mural lebih kreatif lagiLebih ter koordinasi lagipengecatan di bagi dua kelompok agar tidak bertabrakan karna saat sy mengecat td sngat berantakan sekali, misalnya sebagian anak ada di kelas dan sebagian anak yg harus mengecat di luarMasukan saya untuk pelaksanaan membuat seni visual mural clings sebagai p5 adalah kegiatan ini adalah harusnya disediakan koran untuk melapisi lantai agar cat tidak berceceran dilantaiMasukan saya adalah disediakan koran di bawah dinding yang akan dilukis, supaya cat tidak berceceran di lantai.Sudah baik dalam melaksanakan kegiatan mural ini, 1 kelas sudah kompakLebih diterapkan lgi agar murid" tau manfaat membuat muralMenurut saya lebih terkoordinasi lagisudah baik, tetapi penempatan kode warna kurang tepat sehingga bingung untuk mengecatnya.Semoga lebih menarik lagi, dapat mempererat persaudaraan dengan saling melengkapi antara melukis.Semoga bisa lebih terkoordinasi lagi dalam pelaksanaan membuat seni visual muralsemoga dapat lebih terkoordinasiTidak adaMembuat seni visual mural membuat orang lain bisa berkreatifitas dengan baik.Alangkah sebaiknya di dampingi oleh wali kelas masing-masing kelasLebih banyak ada kegiatan melukis di tembok,supaya bakatnya makin tertanamMasukkan saya Tetap menjadi toleransiKuasnya tolong di tambahsejauh ini tidak adagambar lebih bervariasiSangat menyenangkanMenyenangkanGambar bisa diganti dengan keberagaman IndonesiaBanyakin lagi tembok yang di lukisMenyenangkanTahun depan adakan lagiSketsanya bisa lebih bervariasi.tidak ada karena sudah sempurnaTidak ada saya sudah cukup puas, hanya saja waktu sedikit terlalu mepet untuk pengerjaanMasukan saya adalah memulai P5 sesuai jadwal 2 minggu, karena kemarin kelas saya hanya 1 minggu
0 Komentar